oleh

24 Mei THR PNS Cair, PP Sudah Di Tandatangani Presiden, Pemprov Riau: Tunggu Arahan Pusat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meneken Peraturan Pemerintah (PP) kebijakan tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS pada hari Senin (6/5/2019) kemarin.

Sesuai PP tersebut, THR bagi PNS di pastikan cair tanggal 24 Mei 2019, THR yang di berikan tahun ini akan mengikuti peraturan gaji pokok PNS yang berlaku saat ini.

Meski PP pencairan THR PNS sudah di tandatangan oleh Presiden Jokowi, namun untuk di lingkungan Pemprov Riau belum bisa di pastikan apakah akan di bayarkan juga pada tanggal 24 Mei tersebut.

Sebab pihaknya mengaku belum mendapatkan arahan dari Pemerintah Pusat terkait pembayaran THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau.

“Untuk THR ASN sampai saat ini kita belum ada perintah dari pusat,” kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, Selasa (7/5/2019). Namun ketika ada perintah pusat soal kebijakan pembayaran THR ASN, Ahmad Hijazi mengaku Pemprov Riau siap membayarkannya.

“Kalau di perintahkan untuk mengalokasikan anggaran THR kita tidak ada kata tidak siap, karena itu merupakan beban tetap, tentu harus kita carikan anggaran walaupun bagaimana,” ujarnya.

Seperti di ketahui, THR pegawai negeri sipil (PNS) di pastikan cair tanggal 24 Mei 2019. Payung hukum yang menjadi dasar pelaksanaan kebijakan THR PNS ini sudah di tandatangan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (6/5/2019).

THR yang di berikan tahun ini akan mengikuti peraturan gaji pokok PNS yang berlaku saat ini, seperti di ketahui, pada awal April 2019 kemarin PNS resmi merasakan kenaikan gaji sebesar 5 persen.

Kenaikan gaji itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

Baca juga...  Ketua KPU Arief Budiman: KPU Tak Bertanggung Jawab Terhadap Kegiatan Lembaga Survei

Bila mengacu gaji terbaru dalam PP tersebut, sebagai contoh untuk golongan III A masa kerja 0 tahun yang biasanya merupakan jabatan untuk lulusan baru bagi sarjana, maka akan mendapat THR senilai gaji pokok yakni Rp. 2.579.400.-

Besaran THR yang di terima itu berbeda-beda tiap jabatan, golongan dan masa kerja, semua itu tergantung dari gaji pokok yang di terima oleh masing-masing PNS.

Sumber : tribunnews.com

Komentar

Tinggalkan Balasan & Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sebaiknya anda baca