oleh

Banyaknya Laporan Penggelembungan Suara, Bawaslu Riau Minta Bantuan Masyarakat Segera Kirimkan Foto C1

Pekanbaru – Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan meminta seluruh masyarakat yang memiliki dokumentasi penghitungan suara di TPS, seperti foto atau rekaman video formulir C1, termasuk foto C1 pleno agar dapat memberikan kepada pengawas pemilu sebagai data pembanding untuk hasil pemilu yang jujur dan transparan.

“Saya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat yang mempunyai foto maupun video hasil penghitungan perolehan suara di TPSnya masing-masing untuk dapat memberikannya kepada pengawas pemilu,” kata Rusidi, Selasa (23/4/2019).

Rusidi lebih lanjut mengatakan, semua itu akan di jadikan sebagai data pembanding dalam mengawal dan memperjuangkan hasil pemilu yang bersih, jujur dan transparan.

Menurut Rusidi, sejauh ini banyaknya laporan masyarakat dan peserta pemilu terkait adanya penggelembungan (penambahan) suara pada formulir C1 dari hasil penghitungan suara di TPS.

Rusidi juga mengatakan saat ini banyak laporan masyarakat yang meminta kepada pengawas pemilu untuk mengawasi rapat pleno tingkat kecamatan.

Berdasarkan laporan C1 yang di bacakan pada pleno PPK, di sinyalir marak dan masif penggelembungan serta perpindahan suara antar partai, juga antar caleg di internal partai.

“Saya banyak mendapat laporan adanya indikasi kecurangan dalam bentuk penggelembungan dan perpindahan suara antar partai politik maupun antar caleg,” ungkap Rusidi.

Rusidi juga menegaskan kepada jajaran pengawas di tiap tingkatan agar hadir dan mengawasi jalannya rapat pleno PPK di wilayahnya masing-masing, mengantisipasi kecurangan pada tahap Pleno di PPK (Kecamatan).

Sumber : kompas.com

Baca juga...  Ahli Hukum Ingatkan Tim Kuasa Hukum Prabowo, Ruang MK Bukan Panggung Politik

Komentar

Tinggalkan Balasan & Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sebaiknya anda baca