oleh

Era Perkembangan Komputerisasi

https://www.rokanhulunews.com

Era Perkembangan Komputerisasi

Fase yang paling menentukan dalam revolusi komputer adalah pengembangan notasi biner di tahun 1679, di mana notasi biner ini adalah dasar bagi semua bahasa komputer, seorang filsuf serta ahli matematika yang bernama Gottfried Wilhlem von Leibniz berjasa dalam mengembangkan sebuah sistem di mana semua angka dapat ditulis sebagai 1 atau 0 yang dapat di nyatakan sebagai sirkuit terbuka maupun tertutup.

Komputer modern beroperasi pada jutaan angka 1 atau 0 dalam pecahan 1 detik, pada tahun 1973, Howard Aiken merancang IBM Mark 7, merupakan cikal bakal komputer mainframe sekarang ini, saat itu komputer masih setinggi 2,4 meter dan sepanjang 15 meter, tapi Mark 7 masih menggunakan tabung-tabung udara dan memiliki gerakan elektromekanis dan bukan tombol-tombol elektronis.

Baru pada tahun 1951 komputer elektronik pertama berhasil secara komersial di rancang dengan nama UNIVAC oleh Eckert dan Tauchly, pada tahun 1959, IBM 401 di pasarkan yang menggantikan mesin-mesin mekanis di sektor perdagangan dan industri, namun pada tahun 1958, komputer transistor kokoh menggantikan tabung-tabung hampa udara sudah di rancang oleh Seymour Cray untuk Control Data Corporation, teknologi ini adalah pelapor generasi prosesor komputer yang kuat dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan kecepatan yang lebih tinggi.

https://www.rokanhulunews.com
Laptop Pertama Di Dunia

Secara hardware, baru pada tahun 1991, perkembangan komputer dengan kecepatan tinggi mulai dapat di produksi, seperti super komputer CM-200 yang di produksi oleh The Thinking Machines, Inc. yang dapat melakukan 9,03 juta operasi dalam satu detik.

Saat ini mega komputer telah mampu bekerja dalam bermega-mega juta operasi dalam waktu satu detik, perkembangan teknologi komputer yang sedemikian cepatnya telah membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang pernah di bayangkan sebelumnya.

Baca juga...  Sebanyak 6.000 Motor Listrik Di Hibahkan Untuk Masjid Se-Jabar

Setidaknya ada empat era penting sejak di temukannya komputer sebagai alat pengolah data sampai dengan era Internet saat komputer menjadi senjata utama dalam komputerisasi.

Setiap era memiliki karakteristik masing-masing dan secara langsung maupun tidak langsung memiliki hubungan yang erat dengan alam kompetisi dunia usaha, baik secara mikro maupun makro, yang harus di pahami, tidak semua negara-negara di dunia telah memasuki pemanfaatan komputer yang di cirikan oleh era keempat, selain negara-negara maju, seperti Amerika, Jepang, Australia, Jerman, Inggris dan negara-negara besar yang lainnya.

Padahal mengetahui trend perkembangan teknologi informasi akan membantu manajemen dalam menyusun strategi perusahaannya untuk bersaing.

Berbagai ahli berpendapat, bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi.

Implementasi Internet, electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine dan sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antarnegara.

Penggabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi, data atau informasi yang pada zaman dahulu harus memakan waktu berharihari untuk di olah sebelum di kirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat di lakukan dalam hitungan detik.

Tidak berlebihan jika salah satu pakar IBM menganalogikannya dengan perkembangan otomotif sebagai berikut: “Seandainya dunia otomotif mengalami kemajuan sepesat teknologi informasi, saat ini telah dapat di produksi sebuah mobil berbahan, bakar solar, yang dapat di pacu hingga kecepatan maksimum 10.000 km/jam dan dengan harga beli hanya sekitar 1 dollar Amerika”.

Secara mikro, ada hal yang cukup menarik untuk di pelajari, yaitu bagaimana evolusi perkembangan teknologi informasi yang ada secara signifikan memengaruhi persaingan antar perusahaan-perusahaan di dunia, khususnya yang bergerak di bidang jasa, secara garis besar, ada empat periode atau era perkembangan sistem, informasi, yang dimulai dari pertama kali di temukannya komputer hingga saat ini.

Baca juga...  Motor Listrik Rakitan Cirebon Siap Meluncur

Keempat era tersebut terjadi tidak hanya sedemikian pesat, namun juga di dukung oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern.

Keempat era tersebut terjadi tidak hanya karena di picu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun di dukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern.

Ahli-ahli manajemen dan organisasi seperti Peter Drucker, Michael Hammer, Porter, sangat mewarnai pandangan manajemen terhadap teknologi informasi di era modern, oleh karena itu, dapat di mengerti bahwa masih banyak perusahaan terutama di negara berkembang (dunia ketiga), yang masih sulit mengadaptasikan teori-teori baru mengenai manajemen, organisasi, maupun teknologi informasi karena masih melekatnya berbagai faktor budaya lokal atau setempat yang memengaruhi tingkah laku sumber daya manusianya, sehingga tidak mengherankan jika masih sering di temukan perusahaan yang mempunyai peralatan komputer te canggih, tapi masih di pergunakan sebagai alat-alat administrasi yang notabene merupakan era penggunaan komputer pertama di dunia pada awal tahun 1960-an.

Komentar

Tinggalkan Balasan & Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sebaiknya anda baca