oleh

Keberhasilan Dana Desa, Rumah Dan Dapur Warga Perbatasan Makin Sehat

Tidak hanya fokus di desa-desa dalam provinsi, program Dana Desa (DD) pun sedikit demi sedikit mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah perbatasan.

Di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Dana Desa di manfaatkan untuk membangun rumah layak huni dan dapur sehat. Pulau Morotai merupakan salah satu daerah perbatasan yang berbatasan dengan Filipina.

Bupati Pulau Morotai Benny Laos mengatakan, kebijakan program pembangunan rumah layak huni dan dapur sehat di lakukan lantaran rumah warga di anggap belum layak di tempati.

Menurutnya, banyak rumah warga yang belum memiliki dapur, sehingga kebersihan makanan dan air tidak bisa terjaga, jika hal itu, di biarkan makan akan mempengaruhi kesehatan warga.

Apalagi, Benny mengakui, sebelum pemerintahan Presiden Jokowi-Jusuf Kalla, pembangunan di daerah perbatasan belum berkembang, karena pemerintah pusat tidak terlalu memperhatikan daerah-daerah perbatasan.

Tahun 2018, Benny bilang, dengan dukungan Dana Desa, berhasil membangun 2.000 rumah layak huni dan dapur sehat. “Tahun 2019, kami targetkan bisa membangun 3.000 rumah layak huni dan dapur sehat,” kata Benny.

Benny menjelaskan, anggaran untuk program layak huni dan dapur sehat di ambil dari Dana Desa dan APBD Pulau Morotai yang di kelola oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim). “Anggaran rumah layak huni dan dapur sehat totalnya ada sekitar 8,3 miliar,” kata Benny.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Morotai, Muhammad M Kharie mengatakan,  Dana Desa juga di gunakan untuk mengembangkan sektor pariwisata, pertanian, perikanan dan kelautan.

Hal itu di lakukan guna menopang pengembangan sektor unggulan program inovatif, yakni Morotai menyala, Morotai mengalir, Dapur Sehat atau Rumah Layak Huni, jalan tani, Kartu Morotai Sejatra (KMS), bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidan transportasi, bidang telkomunikasi, percepatan infastruktur, pembangunan empat pasar Higinies, pembangunan infastruktur perikanan, pembangunan Water Front City dan pembangunan ruang terbuka hijau.

Sumber : rmol.com

Baca juga...  69 Desa Di Boyolali Akan Gelar Pilkades Serentak Pakai e-Voting

Komentar

Tinggalkan Balasan & Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sebaiknya anda baca