oleh

TANTANGAN EKSTERNAL PERS

https://www.rokanhulunews.com/

Ada beberapa tantangan eksternal pers, antara lain adalah :
Pertama; tanggung jawab pers sebagai pranata sosial (pranata publik). Merupakan tuntutan bawaan (natural massage), pers wajib terus menerus sebagai penyalur kepentingan publik. Bagi negara kita, tuntutan bawaan itu bukan sekedar sebagai penyampai atau penyalur informasi publik. Bukan sekedar menjadi pranata pendidikan publik, bukan pula sekedar penghibur publik (di kala suka atau lara). 

Tanggung jawab sangat penting pers Indonesia adalah mengambil bagian mewujudkan cita-cita sosial bernegara yaitu mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa, mewujudkan kemakmuran bagi rakyat banyak dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. Bung Hatta menyebutnya “cita-cita sosial”. Bung Karno menyebutnya “kesejahteraan dan keadilan atau sociale rechtvardig heid”.
 

Kedua; tanggung jawab politik yaitu pematangan demokrasi (maturity of democracy). Demokrasi yang matang ditandai berbagai hal, antara lain : tanggung jawab, disiplin, integritas, keterbukaan, toleransi, saling menyayangi (saling menjaga), hidup dalam ketertiban dan keadilan sosial, moderat (anti segala bentuk ektrimitas dalam tindakan), solidaritas sosial dan lain-lain ciri peradaban yang menjunjung tinggi kemanusiaan atau harkat martabat manusia. Dinamika demokrasi adalah dinamika yang tertib, damai, keteraturan (regularity). 

Hal-hal di atas masih perlu dikembangkan dan didorong agar menjadi kenyataan dari tingkah laku politik kita, tanpa hal itu, politik kita akan tetap sebagai pranata memperoleh dan memelihara kekuasaan yang berisi segala bentuk penyalahgunaan dan menghalalkan segala cara.
 

Ketiga; tanggung jawab menciptakan pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab. Salah satu masalah besar yang dihadapi yaitu korupsi yang diartikan sebagai perbuatan melawan hukum yang merugikan keuangan negara (lihat UU Pemberantasan Korupsi). 

Tingkat keberhasilan mengungkap korupsi akan lebih banyak. Hal ini hanya satu aspek korupsi (pelanggaran hukum). Dalam arti hukum, korupsi dapat juga mencakup setiap penyalahgunaan kekuasaan yang merugikan orang lain, atau kebijakan yang sudah diketahui atau patut diketahui akan merugikan orang lain. 

Korupsi dapat juga terjadi di luar pengertian hukum, seperti korupsi politik, korupsi moral (melanggar suatu standar moral yang semestinya dijunjung tinggi) dan lain sebagainya. Apapun maknanya, korupsi adalah perbuatan yang merugikan publik. Sudah semestinya dilawan. 

Pers, baik melalui pemberitaan, siaran atau investigasi mempunyai peran penting melawan korupsi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih.
 

Keempat; tanggung jawab menjaga kedamaian, peri kehidupan yang harmonis, tertib dalam keutuhan negara kesatuan yang merdeka dan berdaulat. Pada saat ini, hampir tiada hari kita  menyaksikan berbagai pergolakan sosial sebagai manifestasi keresahan, frustasi, atau ketidakadilan. 

Pers harus mengelola berbagai keresahan, atau pergolakan itu untuk
memulihkan dan merekonstruksi kembali ketertiban, keadilan dan harmonisasi peri kehidupan masyarakat. Pers tidak boleh sadar atau tidak sadar menjadi perangsang atau menimbulkan salah pengertian akibat kurang hatihati, kurang mempertimbangkan isi berita atau siaran. Terutama media sosial yang dijalankan secara individual
harus sangat berhati-hati mengelola keresahan atau konflik yang sedang terjadi.
 

Arus simpati terhadap ketidakadilan, ketidakwajaran, pengApapun maknanya, korupsi adalah perbuatan yang merugikan publik. Sudah semestinya dilawan. Pers, baik melalui pemberitaan, siaran atau investigasi mempunyai peran penting melawan korupsi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan kegunaan kekuasaan yang tidak layak atau tidak berpihak kepada publik, sekali-kali tidak boleh menyebabkan pers lalai terhadap asas dan kaidah jurnalistik dalam demokrasi yaitu sebagai wadah free market of peacefully public interaction bukan kebalikannya menjadi perangsang ketegangan (tension).

Baca juga...  KODE ETIK JURNALIS YANG PROFESIONAL

Komentar

Tinggalkan Balasan & Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sebaiknya anda baca